Band Black Metal yang berasal dari Surakarta Jawa Tengah pada tahun 2012 yang diambil dari makam di daerah Sukoharjo yang bernama Kramat Jati (sama seperti daerah yang terletak di Jakarta Timur).

Kramat Jati yang mengusung Javanesee Black Metal dengan suara-suara keyboard sebagai penghantar suasana horor pada setiap lagu yang dimainkan. Dalam musikalitas band ini perlu banyak pengembangan dalam hal aransemen dan tidak terpaku hanya memainkan Black Metal dipadukan dengan nuansa Jawa tetapi lebih bagus apabila musik black metal lebih dieksplorasi dan temponua sedikit naik jadi tidak terkesan mendayu-dayu.

Lagu “Lelayu” aransemennya hampir mirip dengan lagu “She’s Gone” dari Steel Hart. Nuansa-nuansa keyboard bisa lebih dibuat megah daripada hanya sebagai pengiring suara vokal dan gitar. Vokal perempuan terasa masih kurang maksimal sehingga belum membentuk karakter yang kuat sama halnya dengan vokal scream perlu dilatih kembali sehingga kekuatan pada setiap lagu maksimal.

Kramat Jati perlu banyak menambah wawasan dalam mengembangkan musiknya agar nuansa horornya lebih maksimal dengan permainan yang eksploratif dan permainan yang lebih berkualitas.

Band : Kramat Jati
Album : Self Title
Tahun : 2017
Track List :
1. Bangkit Juang
2. Lelayu
3. Surgo Ing Ndunyo
4. Nyandang Sungkowo

(Wira Julianto) \w/\m/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here