Salah satu cd yang telah mendarat ditempat persembunyian saya. Band ini berasal dari Sukabumi-Jawa Barat yang bernama Fatality. Album Fatality yang saya review berjudul “Reborn” atau terlahir kembali.

Lagu pembuka instrumental yang judulnya sama dengan judul album band tersebut “Reborn”. Mendengar beberapa lagu dari Fatality sangat terasa ada nuansa Dead Squad dan Siksa Kubur dari lead guitar.

Dari beberapa judul berbahasa Inggris dan Indonesia ada beberapa lagu yang berjudul bahasa sunda antara lain “Loba Ngomong Kosong Siga Bagong” dan “Paeh Jiga Anjing”. Saya teringat band Jasad yang juga beberapa lagunya memakai bahasa sunda.

Dari keseluruhan lagu yang ada dalam album ini, Fatality memasukan beberapa unsur metal core tetapi sangat disayangkan dalam bagian vokal, karakter vokal sang vokalis yang masih kurang ganas. Apabila vokal dengan sentuhan growl seperti Cannibal Corpse dan Suffocation mungkin album ini bisa jauh lebih ganas.

Musikalitas band ini cukup baik tetapi masih belum menemukan jati diri yang tepat untuk membentuk karakter Fatality itu sendiri. Mencoba mengeksplor dan bereksperimen dengan musik lain diluar death metal dengan digabungkan death metal termasuk suatu yang menjadi nilai tambah tanpa menghilangkan unsur death metal itu sendiri.

Karena ada beberapa lagu dalam album ini masih terdengar seperti Dead Squad “Manufaktur Replika Baptis” dengan aransemen yang berbeda.

Semoga untuk kedepannya Fatality bisa jauh lebih mengembangkan dan menemukan jati diri death metal kearah yang lebih berbahaya.

Band : Fatality
Album : Reborn
Label : Metal Militia Records
Tahun : 2017

Track List :
1. Reborn
2. Remember Of The Forgotten
3. Loba Omong Kosong Siga Bagong
4. Penjajah Terkekang
5. Insidious
6. Frontal Horizontal
7. Berontak Jiwa
8. Illuminaty
9. Cleptolitikum
10. Paeh Jiwa Anjing
11. Degradasi Diri
12. Outro
(Wira julianto) \w/\m/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here