GERILYA MAGAZINE | Komunitas ini berdiri diakhir tahun 2010, merupakan komunitas metal terbesar yang berada di sulawesi Tenggara atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Sakuli Kabupaten Kolaka.

Terbentuknya komunitas ini disebabkan banyaknya metalhead yang melupakan atau tidak begitu memahami tentang budaya mereka khususnya budaya Tolaki Mekongga yang berada di Kabupaten Kolaka, sehingga timbul ide dan inisiatif dari beberapa metalhead untuk membentuk komunitas ini menjadi suatu wadah untuk bersilahturahmi sesama metalhead yang bersifat positif dan saling support.

Selain kegiatan musik dan budaya komunitas ini juga selalu aktif dalam berbagai kegiatan – kegiatan sosial didaerahnya. Dan tak lupa menyelenggarakan event metal sebagai bentuk kepedulian terhadap musisi – musisi metal yang berada didaerah itu.


Event metal yang diberi nama “Susua Kambonggu” yang berartikan “Nyayian Kampungku”, ini sudah beberapa kali diselenggarakan mulai part I tahun 2011, part II tahun 2013, part III 2014 dan part IV pada tahun 2015.

Dan dalam setiap event yang diselenggarakan selalu memadukan dan menampilkan konsep budaya yakni budaya tolaki mekongga seperti Tarian Mondotambe (Tarian Penjemputan Khas Suku Tolaki Mekongga ), Tarian Moara, Megambusu (musik gambus) dan musik bambu.


Dalam menyeleggarakan event, komunitas ini patut diacungkan jempol, karna disetiap event sumber dananya itu kebanyakan didapat dari hasil patungan sesama metalhead dan swadaya masyarakat sekitarnya.

Ok sukses buat SKM dan semoga masyarakat Sakuli dan semua komunitas metal yang ada di Sulawesi yang selalu berpartisipasi dan mensupport komunitas ini menjadi lebih baik… Salut!!!

 

Sumber: GERILYA MAGAZINE #14/2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here