Gerilya Magazine | Kali ini Cece dari GM berkesempatan mewancarai Putra owner dari Stuio AEmpat, studio recording yang berada di daerah Kunciran Tangerang… langsung aja kita simak ya…

Halo Studio AEmpat (SAE), terimakasih atas waktunya berbagi cerita di Gerilya Magazine (GM) ini. Apa kabarnya ? Dengan siapa kami berbincang saat ini dan posisinya di SAE ini? Berbicang dengan Putra .. sebagai owner SAE sekaligus Sound Enginering.

Sebelum dimulai bincang-bincang kita ini, apakah bisa diceritakan sejarah singkat tentang berdirinya SAE ini? 2006, SAE bukan nama Pertama studio saya Pertama studio saya dengan nama STACK studio berawal dari rehearsal/rental studio dengan kapasitas 7-10 musik player. thn 2008 saya menggembakan studio rental dengan recording studio yang menggunakan alat sederhana dan mengandalkan Software Recording / MIDI namun produktif, Live Track dan Track 8 channel awal seiring perkembangan musik Indonesia kami mengupgrade ke 24 channel recording pada tahun 2011 kami sudah menggunakan analog recording dengan di bantu DAW original dan sampe saat ini kami masih menerima rehearsal dan recording.

Saat ini berapa personil di SAE dan posisinya apa saja? untuk sekarang kami punya 2 orang di posisi sound enginering dan operator studio

Apakah dulu ada pengalaman membuka studio rental rehearsal musik atau lainnya sebelum akhirnya menjadi recording studio? Pengalaman saya pernah operator studio di daerah kebon jeruk jakarta barat dulu namanya “Jakie Studio” dan disana juga berawal saya belajar bermusik

Sejauh ini berapa band yang sudah menggarap karya nya di SAE ini? band karya 12 band lebih yang kami punya bukti fisik

Saat ini fasilitas yang disediakan oleh SAE dan equipment yang tersedia apa saja? studio 1 .. drum set, 2 ampli gitar Head Cabinet, 1 bass ampli Head Cabinet, 1 ampli keyboard dan 2 mix vocal, 2 sound out put pasif,2 gitar dan 1 bass, efect gitar.
studio 2… drum set + 2 efect simbal, mixer 24 channel, 4 Preamp ,1 converter AD/DAT, 2 speaker flat monitor.. etc. fasilitas lain .. ruang parkir yg lumayan luas, rest room,toilet dan warung nasi uduk buka tiap malam sampe subuh.

 

Apakah genre yang diterima untuk recording di SAE terbatas? Atau semua genre? semua genre

Menurut SAE editing dalam sebuah proses hasil rekaman dikatakan wajar itu seperti apa? dikatakan wajar itu dimana sebuat project rekaman menemukan performace audio tidak kondisi bagus, terjadi clips dalam audio membutuhkan editing audio.

Saat ini apakah SAE ini sudah jadi pekerjaan tetap atau full time job atau masih merupakan side job? kalau untuk saya pekerjaan tetap karena didalam itu ada hobby saya.

Bagaimana peran dan dukungan keluarga selama ini terhadap kemajuan SAE itu sendiri? keluarga mengsupport dalam kemajuan SAE sampe saat ini.

Apa harapan untuk musisi dan scene lokal dari SAE? harapan supaya musisi lokal bisa lebih berkarya lebih aktif lagi dalam musik Indonesia.. supaya musik Indonesia bisa dinikmati di seluruh Indonesia dan luar negeri, berkarya dengan jujur.

Apa pandangan SAE terhadap kondisi scene dan musisi lokal saat ini? kondisi scene musik Indonesia sekarang khusus Indie Music sekarang sangat maju pesat .

Bisa berbagi info mengenai 10 musisi favorit dan album favorit dari lokal dan mancanegara pilihan SAE? Alm Chrisye,Rhoma Irama,Benyamin S,Ebiet G ade,Gombloh,Ian Antono,Iwan Fals,Mike Portnoy,yngwie malmsteen,Charlie Parker. Album : Gun n Roses – Appetite for Destruction, Metallica – Kill ‘Em All
Sepultura – Arise, Nirvana – Nevermind, Slayer – Reign in Blood, Kreator – Pleasure to Kill, Cannibal Corpse – Tomb of the Mutilated, Queen – Sheer Heart Attack, Noah – Second Change, Letto – Truth,Cry and Lie

Terimakasih atas waktunya SAE. Apakah ada pesan untuk para pembaca GM? Pesan buat karya musik yang se-real mungkin, trus simak dan dapatkan edisi Gerilya selanjut….
alamat studio :
Komp. Kunciran Mas Permai Blok K
Rt 004/Rw 014, No 47B. Kel.Kunciran
15145 Tangerang – INDONESIA
“A4 Music Studio”
Phone: 085717873764 / 021-7316804

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here