David ParlandGerilyaMagazine.com – Scene underground metal kehilangan salah satu musisi berbakatnya. Blackmoon alias David Parland, salah satu pendiri band Dark Funeral (Swedia), dinyatakan meninggal dunia pada 19 Maret lalu. Namun, hingga kini masih belum diketahui secara pasti penyebab kematian gitaris kelahiran 26 September 1970 tersebut.

Nama Parland mulai dikenal ketika ia bersama Lord Ahriman alias Mikael Svanberg mendirikan band Black Metal yang diberi nama Dark Funeral, yang baru-baru ini juga pernah melakukan penampilan di Indonesia. Mereka mendirikan Dark Funeral pada 1993, namun selepas 1996, Parland memutuskan hengkang dari Dark Funeral.

“Dengan meinggalnya Mr. Parland, ‘Death Metal’ kehilangan seorang musisi berbakat dan seseorang yang memajukan momentum meluncurkan project lebih penting dibanding kebanyakan bermimpi. Itu merupakan harapan bahwa peninggalannya tidak akan pernah terlupakan,” salah satu bunyi pernyataan dalam DeathMetal[dot]org.

Sebelum mendirikan Dark Funeral, Parland merupakan anggota band Necrophobic. Selain pernah bergabung dengan dua band itu, Parland tercatat pernah menjadi personel di beberapa band lain, seperti Infernal, Darkwinds, dan War.

Svanberg pun sempat tidak percaya ketika kali pertama mendengar kabar kematian sahabatnya itu, dan ia merasa sangat berat untuk melepasnya. “Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kabar yang mengerikan tentang saudara lamaku, David ‘Blackmoon’ Parland yang telah meninggal dunia. Itu membuatku membutuhkan beberapa hari untuk bisa menerima semuanya. Dan masih terasa sakit untuk berpikir dan membicarakannya,” tutur Svanberg.

“Selama beberapa minggu terakhir, saya sering melakukan kontak dengan David. Dia telah melalui waktu yang sangat sulit dalam hidupnya. Ketika dia menghubungi saya, dia meminta bantuan saya. Ia tahu bahwa ia selalu bisa menelepon atau bertemu saya bila diperlukan, yang itu ia lakukan juga sekali-sekali.”

“Terakhir kali saya berbicara dengannya adalah ketika dia menelepon saya pada 15 Maret. Dari apa yang saya pahami, hal itu menuju ke arah yang bagus. Saya juga punya beberapa berita yang sangat bagus untuknya, yang ia sangat senang mendengarnya. Apa terjadi setelah itu saya tidak mengerti. Dan saya tidak bisa mengerti mengapa dia tidak menelepon saya (lagi).” -wbn-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here