Guns N Roses formasi jadul.
Guns N Roses formasi jadul.

GerilyaMagazine.com – Band fenomenal asal Amerika Guns N Roses (GN’R) hari ini akan tampil di Lapangan D Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno. Kedatangan band papan atas ini sudah barang tentu menghibur para pecinta musik rock di tanah air.
Grup band Rock yang terbentuk di Los Angeles, California, AS pada 1985  ini memang sudah tak lagi sefenomenal seperti tahun 90′an dahulu.

Mengapa? Sebab, band yang kerap dijuluki The Most Dangerous Band in the World ini tak lagi ditukangi oleh personel asli dan hanya menyisakan sang vocalis Axl Rose.

Seberapa hebat grup band yang saat ini berawak Axl Rose, Dizzy Reed, Tommy Stinson, Chris Pitman, Richard Fortus, Ron ‘Bumblefoot’ Thal, Frank Ferrer, dan DJ Ashba itu, jika dibandingkan dengan formasi aslinya, ketika masih berawak Axl Rose (vokal), Slash (gitar), Izzy Stradlin (rhytm gitar), Duff McKagan (bass), dan Steven Adler (drum).

Sebagian meyakini, GN’R sudah habis masa jayanya ketika memutuskan untuk merombak formasi klasiknya, terlebih lagi sang fenomenal Slash hengkang.

Sebagian lain mengatakan, GN’R sekarang dan formasi klasik tidak bisa dibandingkan. Pasalnya, formasi klasik telah menciptakan sejarah sedemikian besar dan nama mereka pun demikian gagah dalam industri musik rock dunia.

Adapun GN’R sekarang, dinilai tak lebih dari formasi apa adanya yang menostalgiakan kebesaran GN’R.

Lalu, apakah yang akan tampil dan menghibur Jakarta malam minggu nanti adalah GN’R palsu?

Menurut pengamat musik Indrawan Ibonk, memang ada perbedaan yang sangat mencolok antara GN’R dahulu dengan yang sekarang. Formasi saat ini, lanjut Ibonk, GN’R hanya ingin mengobati rasa rindu terhadap penggemar-penggemarnya di seluruh tanah air.

“GN’R sekarang dengan yang dahulu tak bisa disamakan, apalagi setelah Slash keluar, yang sekarang tak akan mungkin bisa sefenomenal yang dulu,” kata Ibonk saat dihubungi, Jumat (14/12) kemarin.

Meski begitu, dia menolak apabila GN’R saat ini merupakan grup band kamuflase atau palsu. Sebab, lanjut dia, GN’R tetap masih ada dan melekat dalam diri sang vocalis Axl.

“Sebenarnya yang punya GN’R itu kan Axl, sama seperti band di Indonesia Ahmad Dhani, Dewa itu kan orang taunya si Dani,” terang dia.

Ibong menambahkan, dengan bekal telah menjual enam album rekaman dan lebih dari 100 juta keping rekaman di seluruh dunia, termasuk 45 juta keping di AS saja, paling tidak nama besar GN’R masih patut untuk disimak.

“Seperti kemampuan vokal Axl yang pasti sangat dinanti dalam konser malam Minggu besok,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here