GerilyaMagazine.com – Baru-baru ini band folk metal Finlandia Ensiferum masuk studio untuk mulai merekam album barunya yang akan dirilis pada musim gugur melalui Spinefarm Records.

Ensiferum dalam sebuah pernyataan di jejaring sosial menyebutkan jika mereka sudah mulai bekerja di studio yang cukup terkenal yakni studio Petrax, yang juga digunakan oleh Children of Bodom, dan Nightwish, di Hollola, Finlandia.

Produser dalam album kelima itu adalah Hiili Hiilesmaa (produser HIM dan Sentenced), yang juga akan me-mixing lagu. “Dari studio Petrax, band akan berpindah ke dua lokasi lain di daerah Hameenlinna.”

Album baru Ensiferum ini akan berisikan 10 track, dan didalamnya termasuk penampilan tamu dari anggota Die Apokalyptischen Reiter dan penyanyi yang juga aktor legendaris Finlandia Vesa-Matti Loiri.

Sebelumnya, album keempat Ensiferum yang bertajuk “From Afar” terjual sekitar 900 kopi pada minggu pertama rilis di Amerika Serikat. Dan album tersebut nangkring pada posisi 44 di Top New Artist Albums (Heatseekers Chart), yang berisi daftar album terlaris dari seniman baru dan berkembang.

“From Afar” sendiri dirilis pada 9 September 2009 oleh Spinefarm Records. Dan album ini diproduseri oleh Tero Kinnunen (produser Nightwish dan Amorphis), dan Janne Joutsenniemi, serta di-mixing oleh Hiili Hiilesmaa.