WHIPLASH adalah sebuah band THRASH METAL dari Yogyakarta, terbentuk pada awal tahun 2009, mengusung genre THRASH METAL. Selama perjalannya banyak mengcover  lagu METALLICA dan MEGADETH sebagai influence musiknya.

Nama WHIPLASH sendiri berarti lecutan cambuk, bermain di musik yang garang, cepat, dan bertenaga, tapi tetap tidak lepas dari skill dan harmonisasi aransemennya.

Asal mula terbentuknya WHIPLASH, bermula pada pertengahan tahun 1997 mendirikan band dengan nama ORPIUS bergenre DEATHMETAL (Yudhi S /Lead Guitar, Ari CS /Drums, Ade Kid /Rhythm Guitar, Fahmi /Bass, Teguh /Vocals). Banyak mengcover lagu-lagu Cannibal Corpse, Napalm Death, Disgorge. Dikarenakan kesibukan beberapa personil, maka ORPIUS sempat vakum, hanya tersisa Yudhi dan Ari yang masih bertahan bermusik.

Dalam perjalannya mereka berdua mencari personil lain yang akhirnya pada tahun 2004 terbentuklah INJECTED VOICE (Yudhi S /Rhythm Guitar & Vocals, Ari CS /Drums, Kris /Lead Guitar, Bayu /Bass). Mulai membawakan genre THRASHMETAL dengan mengcover SEPULTURA. Seiring berjalannya waktu mulai merasakan kejenuhan karena hampir semua lagu-lagu Sepultura sudah kami sikat.

Pada tahun 2007 terjadi perombakan line up pada band, dan terbentuklah WHIPLASH dengan personil awal Yudhi S /Bass, Ari CS /Drums, Anggit Parlin / Rhythm Guitar & Vocals, Papunk /Lead Guitar. Mulai membawakan lagu-lagu METALLICA secara keseluruhan.

Tahun 2009 kembali terjadi bongkar pasang personil, Papunk digantikan oleh Antoni Yan pada Lead Guitar, dan mulai mengcover METALLICA dan MEGADETH. Line Up tersebut terus bertahan sampai saat ini karena kesamaan jiwa, ideology, serta pemikiran dalam berkarya.

logo cd whiplashPada bulan Oktober 2015, WHIPLASH telah merampungkan rekaman, mixing dan mastering album perdana mereka yang telah rilis pada bulan Mei 2016 via Disembowel Records. Album tersebut berisikan 8 lagu-lagu Thrashmetal yang banyak bertemakan tentang kehidupan serta kesenjangan sosial, bobroknya sistem dan politik di negeri ini.

Saat ini WHIPLASH tetap terus berkarya dan telah tersimpan beberapa materi baru yang lebih garang, makin matang dalam konsep dan aransemennya untuk album kedua WHIPLASH. Dan bagi WHIPLASH, musik Thrashmetal adalah musik yang mempunyai tantangan tersendiri, tingkat kesulitan serta konsep yang berbeda, bagaimana supaya easy listening tapi tetap garang warna Thrashmetalnya.

WHIPLASH Line Up :       

Anggit Parlin: Rhythm Guitar, Vocals

Antoni Yan : Lead Guitar, Backing Vocals

Ari CS : Drums, Percussions

Yudhi Stefanny : Bass Guitar, Backing Vocals

 

Conctact Person ; For Booking, WHIPLASH CD and Merch : BBM/578378F7, WA/085700078081

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here