FASIQ berdiri pada tanggal 13 Mei 1998. FASIQ didirikan oleh pelajar yang kebetulan semuanya bersekolah pada kelas dan sekolah yang sama yaitu SMU Negeri 74, Jakarta Selatan. Sebelum nama band berubah menjadi FASIQ awalnya nama band ini adalah OSIS yang artinya Organisation Suffer In School yang memang semua dari pelajar ini tidak menyukai organisasi sekolah dan hanya menyenangi kegiatan ekstrakulikuker di luar OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah ).

Nama OSIS kemudian berubah nama menjadi ANTI OSIS karena kesalahan salah satu personil menuliskan nama band ketika registrasi denga mencoret nama OSIS. Setelah itu nama OSIS berubah menjadi ANTI OSIS. Karena mendapatkan protes dari wakil kepala sekolah nama ANTI OSIS berubah menjadi FASIQ yang diambil dari bacaan buletin dakwah shalat Jum’at yang menceritakan tentang binatang-binatang yang dibenci dalam Alquran dan tentang kefasiqan manusia. Setelah berembuk satu sama lain maka pada tahun 1999 nama ANTI OSIS berubah menjadi FASIQ.

Wira Julianto

Formasi awal FASIQ adalah Wira Julianto (Bass/ Vocal), Fajar Arifianto (Lead Guitar), Rafqi Irfan (Rhythm Guitar), Heru Kristianto (Drum) musik FASIQ ketika banyak terpengaruh oleh band-band metal luar dan dalam negeri seperti Napalm Death, Sepultura, Metallica, Soulfly, Suffocation, Cryptopsy, Tengkorak, Purgatory, Betrayer dll. Karena khawatir tidak fokus antara vocal dan bass maka ditambah personil baru yaitu Bedoel (Danuri) untuk posisi Bass. FASIQ tahun 1999 – 2000 sendiri cukup rajin mengikuti festival-festival musik underground di Jakarta dan sekitarnya walaupun hanya sampai pada tahap audisi. Pada tahun 1999 formasi band berubah Irfan yang awalnya bermain rhythm gitar berganti posisi dengan Heru yang bermain drum. Formasi terakhir FASIQ pada tahun 1999 – 2000 adalah Wira (Vocal), Fajar (Lead Guitar), Danuri (Bass), Heru (Rhythm Guitar) dan Irfan (Drum).

Hunter Swandi Panjaitan

Setelah lulus SMU pada tahun 2000 personil FASIQ terpencar karena memang kesibukan kuliah dan kerja. Wira melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Fajar melanjutkan kuliah di Jaya Baya mengambil jurusan Hukum Internasional, Danuri melanjutkan kuliah di Univrsitas Parahyangan Bandung, sementara Irfan dan Heru bekerja.

Tahun 2000 FASIQ mencari personil baru agar band ini terus berjalan dan formasi FASIQ kembali berubah Wira yang awalnya hanya vocal mendapatkan posisi baru menjadi vocal/guitar. Muhammad Yusuf (Guitar), Dimas (Bass) dan posisi drum masih belum ada, sempat digantikan oleh Ade tetapi tidak bertahan lama. Karena pencarian drumer yang sangat lama dari tahun 2000 sampai sekitar tahun 2002 FASIQ menemukan drumer baru yaitu Georgio dan Wanda yang sama-sama kuliah di Universitas Pancasila jurusan hukum. Tahun 2002 FASIQ kembali manggung kembali di putaran Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

Hunter Swandi Panjaitan

Pada tahun yang sama (2002) FASIQ harus merelakan Georgio dan Wanda untuk melepaskan posisi drum karena kesibukan Georgio dalam bidang fotografi dan Wanda sibuk pada band hard corenya. Tahun 2002 – 2003 masa vakum FASIQ karena satu persatu personil meninggalkan band sehingga hanya Wira dan Yusuf yang tersisa. Pada tahun 2004 FASIQ memutuskan untuk vakum karena kesibukan kuliah para personilnya.
Vakum yang cukup lama karena Yusuf (kabarnya bekerja di Singapura), Georgio (melanjutkan studi di Belanda) dan Wira sibuk bekerja pada Bank Swasta. Tapi FASIQ tetap membuat lagu-lagu baru yang memang dipersiapkan untuk manggung dan rekaman.

Tahun 2010 FASIQ berinisiatif untuk mencari personil baru untuk berkiprah kembali dalam musik metal khususnya Thrash Metal dan menemukan gitaris baru yaitu Biyondi Noya (Gitaris Van Java). Ondi (Biyondi Noya) sempat membantu FASIQ untuk rekaman dan dibantu juga oleh Karis (guitar). 10 Lagu yang sudah direkam terpaksa tidak dipakai karena FASIQ banyak merubah aransemen pada lagu tersebut.

Setelah merubah aransemen pada lagu-lagu yang telah direkam FASIQ kemudian merekrut gitaris baru bernama Rohim untuk keperluan rekaman. Perbedaan visi dan misi dalam membuat konsep lagu akhirnya membuat Rohim hengkang dari band dan FASIQ hanya tinggal Wira sendiri.

Tahun 2011 FASIQ menemukan drumer yang kebetulan juga sudah lama tidak mempunyai band yang bernama Zax (sebelumnya berkenalan via sms dan telpon) dan akhirnya bertemu di acara Napalm Death di Bulungan Jakarta Selatan. Dengan hanya dua orang personil saja (vokal/gitar dan drum) tidak akan bisa memaksimalkan musikalitas dari FASIQ sendiri sehingga FASIQ merekrut Djoko untuk posisi bass, tapi karena Djoko belum siap untuk latihan bersama FASIQ akhirnya Djoko harus digantikan dengan Abdul pada posisi bass.

FASIQ yang awal berdirinya terdiri dari lima orang sekarang terdiri dari tiga orang, karena beberapa hal yang akhirnya FASIQ memutuskan untuk bertiga. Wira Julianto pada posisi Vocal/Rhythm/Lead Guitar, Abba Daddycruel pada Bass dan Zax Cavalera pada drum.
Malam tahun baru 2012 adalah panggung pertama FASIQ setelah beberapa tahun vakum dalam acara Sound Of Spirit yang diprakarsai oleh Lian Mipro di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GOR Kolam Renang Bung Karno).

Pada tahun 2012 sampai 2014 FASIQ mengalami pergantian personil sampai mengeluarkan tiga full album. Pada tahun 2015 FASIQ mengalami pergantian personil kembali sehingga FASIQ kembali dengan formasi Wira Julianto dan Hunter Panjaitan kembali. Tahun 2017 FASIQ merekrut pemain bass atau bassis baru yaitu Moel Petrozza yang juga merupakan gitaris DISGOD.

Pada akhirnya formasi tetap FASIQ adalah Wira Julianto (Vokal/Guitar), Moel Petrozza (Bass) dan Hunter Swandi Panjaitan (Drum) di tahun 2017 ini.Formasi yang terakhir ini semoga FASIQ solid terus menerus dan tetap produktif dalam menghasilkan karya-karya yang berbahaya dalam kancah Thrash Metal di tanah air. FASIQ sampai dengan tahun 2017 telah menghasilkan satu E.P dan tiga album penuh. Album terbaru FASIQ tahun 2017 adalah “TERGUSUR DITANAH SENDIRI” via Self Mind Records.

Diskofrafi FASIQ :
1. E.P SISTEM PEMBODOHAN – 2012
2. FULL ALBUM FASIQ – 2014
3. FULL ALBUM PARA PENJILAT KORPORASI – 2015
4. FULL ALBUM TERGUSUR DITANAH SENDIRI – 2017

Band Contact:

+628568157550 dan 08561004418

Email: [email protected]

https://www.facebook.com/FASIQ/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here