GERILYA MAGAZINE |Untuk ketiga kalinya event GRUNGE HITAM digelar pada tanggal 5 November 2017 di Cafe Route 55 – SCBD Ciledug, Tangerang. Perhelatan ErasedMusic ini menggabungan band-band bergenre grunge dan metal dalam satu event. Wuihhh… keren ya!

 

Adalah Rhendra (Nir-x Mogerz), penggagas konsep event ini. Sejak tahun 2000, Rhendra aktif bersama teman kampusnya IAIN Ciputat sering membuat event musik. Dari sini, ia kenal dengan berbagai macam musisi dari berbagai komunitas  terutama Metal, sementara ia sendiri dari komunitas Grunge.

Rhendra Nir-x Mogerz

“Dari sekedar kenal kemudian nongkrong bareng hingga lahirlah ide dikepala gue untuk membuat sebuah acara Kolaborasi dua komunitas (Metal & Grunge) dengan tema GRUNGE HITAM #1 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Maret 2003 yang sukses dengan jumlah pengunjung sangat fantastis. Kampus IAIN, yang tadinya kampus adem ayem, pada hari itu penuh dengan orang-orang yang rata-rata berkaos hitam, lebih kurang ada 1500-an orang,” kata Rhendra yang juga owner dari ErasedMusic.

Event GRUNGE HITAM #1 diselenggarakan oleh BFEO (cikal bakal ErasedMusic) ini tak banyak publikasi dan dokumentasi, hanya bermodalkan 3 rim pamflet yang dicetak dua warrna merah dan hitam saja. Namun antusias penonton sangat besar. Event ini menuai banyak pujian karena mampu mempertemukan dua komunitas secara santun dan bersahabat tanpa ada sedikitpun kericuhan.

“Jika ditelusuri, pengunjung datang dari berbagai komunitas disetiap sudut kota bahkan meluas hingga keluar Jabodetabek, namun sebagian besar datang dari Sawangan & Ciputat (untuk Metal) dan seluruh Jabodetabek (untuk Grunge) dengan prosentase 2 (Metal) berbanding 1 (Grunge). Komunitas Metal Ciputat saat itu dikoordinir oleh Ukuy Rieweh dan Komunitas Metal Sawangan saat itu dikoordinir oleh Black Of Motion (BOM). Sementara dari Komunitas Grunge berasal dari Cengkareng, Bekasi, Cibinong dll,” kenang Rhendra.

GRUNGE HITAM #2 dilanjutkan oleh Yayan The Northside yang digelar pada tanggal 21 Nopember 2010. Di event ini Rhendra tak aktif terlibat. Dan setelah 7 tahun vakum, Rhendra aktif kembali dengan merancang event GRUNGE HITAM#3 dengan mengusung konsep awal untuk mengulang sukses GRUNGE HITAM #1 di tahun 2003 lalu.

“Rencananya GRUNGE HITAM akan gue agendain menjadi event tujuh tahun sekali. Dan pelaksanaan event GRUNGE HITAM #3 kali ini mungkin belum mencapai ekspektasi yang sebenarnya, namun gue berharap itu bisa terwujud nanti di GRUNGE HITAM IV pada tahun 2024!,” tutup Rhendra.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here